Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah profitabilitas memoderasi
CSR terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan
dalam penelitian adalah semua perusahaan perbankan yang telah terdaftar di
Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011 sampai 2014, dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak
sebanyak 27 perusahaan perbankan. Dalam penelitian ini pengukuran variabel
CSR menggunakan Corporate Social Responsibility Indeks (CSRI), variabel
profitabilitas menggunakan ROE serta nilai perusahaan menggunakan Tobin’s Q.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa CSR
(Corporate Social responsibility) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Profitabilitas sebagai variabel moderasi dapat mempengaruhi hubungan CSR
dengan nilai perusahaan.
Kata kunci: CSR, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan
1SA150413 | A15/413 Hes p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain