Text
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverages Di Bursa Efek Indonesia)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, profil, ukuran
perusahaan, leverage dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan
corporate social responsibility. Dalam penelitian ini profitabilitas diukur dengan
proksi return on asset (ROA), profil diukur dengan variabel dummy (PR), ukuran
perusahaan diukur dengan proksi logaritma natural dari total aset (Size), leverage
diukur dengan ratio hutang terhadap ekuitas (DER) dan ukuran dewan komisaris
diukur dengan jumlah dewan komisaris yang dimiliki (UDK).
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverages yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam penelitian ini, ditetapkan teknik
pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, dan kriteria yang
telah ditentukan maka jumlah perusahaan sebanyak 11 perusahaan food and
beverages yang secara berturut-turut terdaftar selama tahun 2010-2013. Pengujian
hipotesis penelitian digunakan teknik analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas (ROA) berpengaruh positif
terhadap corporate social responsibility, artinya bahwa semakin tinggi upaya
manajemen dalam memenuhi tanggung jawabnya sebagai pihak agen kepada
principal yakni dengan memperoleh keuntungan, maka dapat memberikan
keleluasaan kepada manejemen perusahaan untuk melakukan CSR yang dianggap
sebagai langkah strategis yang dapat memberikan efek positif bagi perusahaan serta dapat pula menjaga hubungan baik dengan para stakeholder lainnya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa profil (PR) berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility, artinya bahwa semakin tinggi profil yang dimiliki perusahaan, semakin besar pengungkapan CSR. Hasil penelitian juga menunjukkan ukuran perusahaan (Size) berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility, artinya bahwa semakin besar perusahaan akan
mengungkapkan tanggung jawab sosialnya dengan lebih banyak. Penelitian
menunjukkan leverage (DER) berpengaruh negatif terhadap corporate social
responsibility, artinya bahwa Hubungan yang sudah terjalin baik dengan
debtholders dan kinerja perusahaan yang baik bisa membuat debtholders tidak terlalu memperhatikan rasio leverage perusahaan, sehingga menjadikan hubungan leverage dengan pengungkapan CSR menjadi tidak signifikan. dan ukuran dewan komisaris (UDK) berpengaruh negatif terhadap social responsibility, artinya bahwa hal ini disebabkan karena kurang aktifnya keberadaan dewan komisaris didalam kegiatan langsung perusahaan, sehingga hal ini menyebabkan ketimbangan antara proporsi dewan komisaris dengan luas pengungkapkan CSR.
Kata Kunci : Profitabilitas, Profil, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Ukuran
Dewan Komisaris.
1SA150415 | A15/415 Ach p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain