Text
ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)
INTISARI
Berkembangnya perusahaan sektor publik mengharuskan setiap perusahaan
untuk mampu bersaing dalam memasuki lingkungan bisnis yang kompetitif. Oleh
sebab itu, perusahaan harus melakukan perbaikan-perbaikan, baik dalam jangka
pendek maupun jangka panjang sesuai dengan dinamika pergerakan permintaan pasar. Dengan demikian untuk meningkatkan mutu informasi yang diperlukan, perusahaan perlu menggunakan sistem pengukuran yang meliputi tolok ukur keuangan dan non keuangan dengan menggunakan balanced scorecard.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja perusahaan dengan
menganalisis dan mengevaluasi kinerja PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8
Surabaya dengan menggunakan metode balanced scorecard sebagai alat
pengukuran kinerja. Melalui empat perspektif yaitu : perspektif finansial, perspektif
pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu dengan cara survey lapangan, kuesioner, observasi, dan
wawancara.
Dari hasil penelitian dengan metode balanced scorecard melalui empat
perspektif, pada perspektif keuangan menunjukkan bahwa return of investment menghasilkan kinerja yang buruk, sedangkan pada margin laba kotor dan margin laba operasi menunjukkan hasil yang baik. Berdasarkan perspektif pelanggan menunjukkan hasil cukup puas. Berdasarkan perspektif proses bisnis internal menunjukkan hasil yang cukup baik. Sedangkan berdasarkan perspektif
pertumbuhan dan pembelajaran perusahaan dalam mempertahankan karyawannya
mengalami penurunan dan prosentase karyawan yang mengikuti kegiatan training
menunjukkan hasil yang cukup baik.
Kata kunci : Balanced Scorecard, Kinerja Perusahaan, Kepuasan Pelanggan,
Penilaian Kinerja
1SA150428 | A15/428 Yel a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain