Text
ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN PADA MEDIA TELEVISI TERHADAP IKLAN PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA DI SURABAYA
INTISARI
Iklan televisi merupakan salah satu bentuk media promosi efektif dalam
menarik perhatian calon konsumen secara luas. Untuk itu perusahaan harus pandai
dalam membuat iklan televisi untuk mengkomunikasikan pesan dari produknya
secara efektif kepada calon konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas
pesan iklan, daya tarik iklan, dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas
iklan televisi produk sepeda motor Yamaha. Populasi dalam penelitian ini adalah
pengunjung Dealer Nusantara Surabaya dengan sampel ditetapkan sebanyak 100
orang. Adapun teknik anaisa data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil pengujian menunjukkanpengaruh variabel bebas yang terdiri dari
kualitas pesan iklan, daya tarik iklan dan frekuensi penayangan iklan terhadap
efektivitas iklan adalah signifikan. Kondisi ini mengindikasikan variabel tersebut
layak digunakan dalam model penelitian.Hasil ini didukung dengan perolehan
tingkat koefisien korelasi sebesar 70,9% yang menunjukkan bahwa korelasi antara
variabel tersebut terhadap efektivitas iklan adalah erat. Hasil pengujian
selanjutnya juga menunjukkan bahwa variabel kualitas pesan iklan, daya tarik
iklan, dan frekuensi penayangan iklan masing-masing mempunyai pengaruh
signifikan dan positif terhadap efektifitas iklan.
Kata Kunci : Kualitas Pesan Iklan, Daya Tarik Iklan, Frekuensi Penayangan
Iklan dan Efektivitas Iklan
1SM150437 | M15/437 Yul a c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain