Text
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, KOMITMEN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI AUTO 2000 CABANG SUNGKONO SURABAYA
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis dan menguji pengaruh
relationship marketing, komitmen dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan
di Auto 2000 cabang Sungkono Surabaya. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pelanggan Auto 2000 cabang Sungkono Surabaya yang
masih menggunakan jasa perawatan kendaraan Toyota dan telah melewati masa
garansi servis selama 3 tahun. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi linear berganda dan jumlah sampel yang digunakan dalam dalam
penelitian berjumlah 100 orang.
Hasil pengujian kelayakan model menunjukkan relationship marketing,
komitmen dan kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Auto
2000 cabang Sungkono Surabaya. Hasil ini mengindikasikan model yang
digunakan dalam penelitian layak dilanjutkan pada analisa berikutnya. Kondisi ini
juga diperkuat dengan perolehan tingkat koefisien korelasi sebesar 91,62%
menunjukkan hubungan antara variabel tersebut terhadap loyalitas memiliki
hubungan yang erat.
Hasil pengujian dengan uji t menunjukkan masing-masing variabel
relationship marketing, komitmen dan kepercayaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan Auto 2000 cabang Sungkono Surabaya.
Kondisi ini diindikasikan dengan perolehan tingkat signifikansi masing-masing
variabel tersebut dibawah 5%. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis
dalam penelitian ini terbukti kebenarannya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain