Text
PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN PERMENPAN NOMOR 1 TAHUN 2015 (Studi pada Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya)
INTISARI
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan pelayanan publik pada Kecamatan Wonokromo berdasarkan PermenPAN Nomor 1 Tahun 2015.
Indikator-indikator kinerja yang dievaluasi pada penelitian ini berdasarkan PermenPAN Nomor 1 Tahun 2015 adalah Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, Survei Kepuasan Masyarakat, Pengelolaan Pengaduan, dan Sistem Informasi Pelayanan Publik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja penyelenggara pelayanan publik pada Kecamatan Wonokromo sudah baik. Meskipun perlu adanya peningkatan pada dua indikator kinerjanya, yaitu pengelolaan pengaduan dan sistem informasi pelayanan publik. Hal ini dapat diketahui dari standar pelayanan yang ditetapkan telah ber-ISO 9001-2008, telah dilaksanakannya pelayanan sesuai dengan standar operasional pelayanan, dan menurunnya tingkat keluhan pengguna layanan; adanya pernyataan maklumat dan pelaksanaan maklumat; adanya hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2014; adanya sarana pengaduan berupa kotak pengaduan meskipun belum terdapat petugas khusus untuk mengelola pengaduan, mekanisme pengaduan dan penanganan pengaduan; adanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan meskipun belum terdapat sistem informasi pelayanan publik khusus yang dapat diakses oleh pengguna layanan, adanya mekanisme sistem informasi pelayanan publik secara lisan dan tertulis, dan pembaruan data secara tertulis.
Kata kunci: kinerja, penyelenggara pelayanan publik, PermenPAN Nomor 1 Tahun 2015
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain