Text
PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui store atmosphere dan promotion mempunyai
pengaruh terhadap keputusan pembelianyang dimediasi oleh minat beli. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu konsumen yang membeli produk di Clothing Store
Cosmic Surabaya yang bertempat di Jl. Raya Gubeng No.2, Surabaya. Teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak
100 responden. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
jalur (path analysis). Hasil pengujian menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh
signifikan dan positif terhadap minat beli, promotion berpengaruh signifikan dan positif
terhadapminat beli. Store atmosphere terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap
keputusan pembelian. Pengaruh promotion tidak terbukti signifikan terhadap keputusan
pembelian, Sedangkan minat beliberpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan
pembelian. Hasil ini menunjukkan bahwa minat beli memediasi pengaruh store atmosphere
dan promotion terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian ini juga menunjukan besaran
pengaruh tidak langsung store atmosphere dan promotion terhadap keputusan pembelian
melalui minat beli lebih besar dibandingkan besaran pengaruh langsung store atmosphere dan
promotion terhadap keputusan pembelian.
KataKunci: Promotion, Keputusan Pembelian, Path Analysis
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain