Text
PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PEMASARAN
ABSTRAK
Dalam bisnis perhotelan fungsi pemasaran memegang peranan penting dalam pencapaian
tujuan perusahaan untuk memaksimalkan laba. Audit operasional atas fungsi pemasaran merupakan
alat untuk menguji serta menilai tujuan serta kebijakan pemasaran, serta memberikan rekomendasi
yang tepat guna untuk perbaikan dan mengarahkan bagi pihak perhotelan kedepannya. Penelitian ini
bertujuan (1) untuk memahami penerapan audit operasional fungsi pemasaran dalam meningkatkan
efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran dan (2) untuk menganalisis faktor-faktor yang
menyebabkan efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah
metode deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan mengumpulkan data
yang berkaitan dengan audit operasional fungsi pemasaran di Hotel Istana PermataNgagel Surabaya.
Hasil studi menunjukkan bahwa bagian pemasaran Hotel Istana Permata Ngagel Surabaya terdapat
beberapa masalah yaitu tidak dapat memaksimalkan anggaran biaya pemasaran yang telah
ditetapkan perusahaan dari tahun 2013-2015 karena biaya pemasaran yang tidak terealisasi sehingga
belum efektif, biaya pemasaran yang dikeluarkan semakin meningkat setiap tahunnya Tahun 2013
target biaya pemasaran sebesar Rp8.450.000,-. Pada tahun 2014 target biaya pemasaran meningkat
menjadi Rp10.550.000,-. Tahun 2015 target biaya pemasaran target biaya pemasaran meningkat
menjadi Rp12.800.000,-. Sehingga belum efisien dan mulai tahun 2013-2015 target penjualan tidak
tercapai sehingga mengakibatkan penurunan laba perusahaan.
Kata Kunci : audit operasional, pemasaran, efektivitas, efisiensi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain