Text
ANALISIS PERSEPSI dan KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM TRANSAKSI E - COMMERCE (Kajian Empiris Konsumen E-commerce consumer to consumer model di Surabaya)
Semakin meningkatnya akses masyarakat terhadap internet, khususnya
pada sebuah web commerce yang menyediakan sebuah tempat untuk melakukan
kegiatan jual beli online atau dikenal dengan c2c seperti facebook, Kaskus, OLX,
Tokopedia,etc.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh empat variabel
tersebut terhadap keputusan pembelian produk secara online melalui web c2c
commerce. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dalam pengambilan
data. Sampel penelitian ini adalah orang yang pernah melakukan pembelian
produk melalui situs c2c commerce yang diperoleh dengan menggunakan teknik
non-probability sampling. kemudian dilakukan analisis terhadap data yang
diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi,
uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian
hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2).
Hasil dari penelitian menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua
variabel independen kepercayaan, dan keterlibatan konsumen yang diteliti terbukti
secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian.
Sedangkan dua diantaranya kualitas pelayanan dan kemudahan tidak signifikan
terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Dengan pengujian
menggunakan uji f memberikan hasil bahwa seluruh variabel independen
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: c2c commerce, keputusan pembelian, kepercayaan, kemudahan,
kualitas pelayanan, dan keterlibatan konsumen
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain