Text
PENGARUH TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN VARIABEL MODERASI TATA KELOLA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Food & Beverage yang terdaftar Di Bursa efek Indonesia)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh corporate social
responsibility (CSR) pada profitabilitas (ROE) dengan tata kelola perusahaan
(GCG) sebagai variabel moderating pada perusahaan perusahaan food and
beverager yang terdaftar di BEI periode 2012–2014.
Sampel penelitian terdiri dari 13perusahaan food and beverager yang
terdaftar di BEI, dengan jumlah pengamatan sebesar 39 dan dipilih secara
purposive sampling.Data laporan keuangan auditan dan laporan tahunan diperoleh
dari Indo-Exchange File (IDX).Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh corporate
social responsibility (CSR) pada profitabilitas (ROE) dengan tata kelola
perusahaan (GCG) sebagai variabel moderating. Dalam penelitian ini variabel
corporate social responsibility (CSR) di ukur menggunakan variabel corporate
social disclosure indeks(CSDI), profitabilitas di ukur dengan menggunakan return
on equity (ROE), dan tata kelola perusahaan(GCG) menggunakan kepemilkan
manajemen.
Hasil penelitian dengan regresi linear berganda menunjukkan bahwa
corporate social responsibility (CSR) berpengaruh pada profitabilitas (ROE).
Sedangkan analisis variabel moderating dengan metode uji interaksi
moderatedregression analysis (MRA) menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan
(GCG) memoderasi pengaruh corporate social responsibility (CSR) pada
profitabilitas (ROE).
Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Tata Kelola Perusahaan (GCG)
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain