Text
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai perusahaan yang
dipengaruhi oleh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility,
dan profitabilitas. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat kepada
perusahaan, atas pelaksanaan GCG dan CSR yang telah dilakukannya guna
memberikan kemampuan untuk dapat menyajikan kinerja terbaik sehingga
ketertarikan investor jangka panjang dapat meningkat pada saham perusahaan.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2011-2013. Sampel penelitian dipilih
dengan menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 41 perusahaan
manufaktur dengan kriteria sebagai berikut pertama, perusahaan yang
menerbitkan laporan tahunan secara berturut-turut, kedua, perusahaan yang
melakukan pengungkapan CSR selama periode 2011-2013, dan yang terakhir
perusahaan yang menyajikan laporan keuangannya dengan mata uang Rupiah.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, maka ditemukan bahwa :
Pertama, Good Corporate Governance berpengaruh negatif terhadap nilai
perusahaan, karena perusahaan tidak menerapkan tata kelola perusahaan dengan
maksimal sehingga hubungan peran dewan komisaris, peran direksi, pemegang
saham, dan pemangku kepentingan lainnya kurang berjalan dengan harmonis
sehingga kurang mempengaruhi nilai perusahaan. Kedua, Corporate Social
Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan,
karena stabilitas dan kemakmuran jangka panjang perusahaan bisa didapat jika
perusahaan melakukan pertanggungjawaban sosial kepada masyarakat. Semakin
tinggi pengungkapan tanggung jawab sosial mengakibatkan peningkatan nilai
perusahaan. Ketiga, Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif terhadap nilai
perusahaan, karena dengan perusahaan memiliki laba yang tinggi, maka akan
meningkatkan minat investor menanamkan modal di perusahaan tersebut sehingga
akan meningkatkan nilai perusahaan.
Kata Kunci: Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility,
Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain