Text
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIESIA Surabaya)
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan minat
belajar mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini
menggunakan metode survei yang menggunakan data primer yang diperoleh dari
kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas
Ekonomi jurusan Akuntansi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
(STIESIA) Surabaya. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 96
mahasiswa. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kecerdasan emosional (KE), dan minat belajar (MB), sedangkan variabel
terikatnya adalah tingkat pemahaman akuntansi (TPA). Pengukuran kecerdasan
emosional terdiri dari aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati
dan ketrampilans osial. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
kecerdasan emosional, dan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap
tingkat pemahaman akuntansi, dan faktor minat belajar memiliki pengaruh yang
lebih dominan terhadap tingkat pemahaman akuntansi daripada faktor kecerdasan
emosional.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar Mahasiswa, Tingkat
Pemahaman Akuntansi
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain