Text
PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA DAN PEMATUSAN KOTA SURABAYA
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar penerapan
prinsip-prinsip Good Governance serta kendala-kendalanya Terhadap Efektifitas
Kerja Pegawai Pegawai pada Pemerintahan Kota Surabaya.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif dengan
menganalisis data primer. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah
correlational research yaitu untuk menguji hubungan korelasional antara variabel
penerapan prinsip-prinsip good governance terhadap efektifitas kerja pegawai.
Sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari 22 orang bagian tata usaha, 34 orang
bagian perencanaan dan pemanfaatan, 14 orang bagian pengujian, pengawasan &
pengendalian. 21 orang bagian jalan dan jembatan, 80 orang pematusan, dan 11
bagian pelaksana teknis dinas (UPTD). Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan wawancara. Analisis penelitian menggunakan pengukuran interval.
Hasil penelitian yang dilakukan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
penerapan prinsip-prinsip good governance berada pada kategori interval
mayoritas antara 40-49 (sedang), hal ini mengindikasikan bahwa prinsip good
governance sudah dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan
Pematusan Kota Surabaya dengan cukup baik. Hal ini didukung pula dengan
tingkat efektifitas kerja pegawai berada pada kategori interval mayoritas antara
50-65, hal ini mengindikasikan bahwa penerapan efektivitas kinerja pegawai
sudah dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota
Surabaya dengan cukup baik.
Kata kunci : Efektifitas Kerja Pegawai, Prinsip-prinsi Good Governance .
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain