Text
PENGUKURAN KINERJA PELAYANAN PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT GAYUNGAN SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja karyawan
Puskesmas Gayungan Surabaya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang
beralamat di jalan Gayung Sari Barat No. 124 Surabaya. Metode analisis data
penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitatif untuk
mengetahui Indeks Kepuasan Masyarkat (IKM). Data yang diperoleh dari
penelitian ini menggunakan teknik survey pendahuluan dan study lapangan
dengan cara dokumentasi, wawancara, dan kuesioner
Hasil survey yang dilakukan pada penelitian di Puskesmas Gayungan
Surabaya tentang pengukuran kinerja karyawan dengan variable program
pokok/wajib diperoleh nilai 86,7% dengan nilai mutu pelayanan A yang berarti
kinerja unit pelayanan sangat baik, untuk program pengembangan/inovatif
diperoleh nilai 63,34% dengan nilai mutu B yang berarti kinerja unit pelayanan
baik, dan manajemen puskesmas diperoleh nilai 87% dengan nilai mutu A yang
berarti kinerja unit pelayanan sangat baik, sedangkan untuk tingkat kualitas
kinerja pelayanan yang dinilai dari Indeks Kepuasam Masyarakat (IKM) yaitu (1)
prosedur pelayanan, (2) persyaratan pelayanan, (3) kejelasan petugas pelayanan,
(4) kedisiplinan petugas pelayanan, (5) tanggung jawab petugas pelayanan, (6)
kemampuan petugas pelayanan, (7) kecepan pelayanan, (8) keadilan mendapatkan
pelayanan, (9) kesopanan dan keramahan petugas, (10) kewajaran biaya
pelayanan, (11) kepastian biaya pelayanan, (12) kepastian jadwal pelayanan, (13)
kenyamanan pelayanan, (14) keamanan pelayanan berada pada posisi baik dan
diperoleh hasil indeks secara keseluruhan sebesar 2,99 dan nilai IKM setelah
dikonversi 2,99 × 25 = 74,75 yang merupakan kategori kriteria mutu pelayanan
dan kinerja pelayanan di bidang kesehatan (Puskesmas Gayungan Surabaya)
dengan hasil yang baik.
Dari pembahasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa perlunya
Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai pengukuran
kinerja pelayanan khususnya organisasi sektor publik sebaiknya diterapkan tiap
tahunnya dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara
berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan
kualitas pelayanan selanjutnya.
Kata kunci: Pengukuran Kinerja Karyawan, Pelayanan dan Indeks Kepuasan
Masyarakat (IKM).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain