Text
PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK PADA UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP (UPTSA) KOTA SURABAYA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja penyelenggaraan
pelayanan publik pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota
Surabaya Timur yang beralamat di Jalan Menur no 31C Surabaya. Penelitian ini
dilaksanakan di UPTSA Kota Surabaya yang merupakan lembaga layanan publik
yang dibentuk oleh pemerintah Kota Surabaya untuk memberikan layanan kepada
masyarakat secara cepat,mudah dan transparan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive
sampling karena penelitian ini hendak menggali informasi secara mendalam dari
orang yang sangat mengetahui fokus penelitian. Informan dari penelitian ini
adalah petugas UPTSA yang berwenang dalam memberikan informasi yang
dibutuhkan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kinerja UPTSA telah sesuai dengan
indikator yang telah di sebutkan dalam PERMENPAN No 001 tahun 2015 tentang
pedoman evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik yang meliputi standar
pelayanan publik yang telah dilakukan dengan baik sesuai dengan peraturan yang
berlaku, maklumat pelayanan yang di rumuskan dan dilaksanakan dengan baik,
survey kepuasan masyarakat yang dilakukan secara periodik yaitu dalam jangka
waktu 6 bulan sekali, pengelolaan pengaduan dibentuk dan dilaksanakan dengan
baik namun perlu adanya perbaikan serta penambahan petugas pengelolaan
pengaduan, dan sistem Informasi Pelayanan Publik yang telah dibuat berdasarkan
undang-undang namun belum di implementasikan dengan baik sehingga perlu
upaya untuk menerapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Kata Kunci : Evaluasi, Kinerja,penyelenggara pelayanan Publik
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain