Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK CIMB NIAGA CABANG TIDAR SURABAYA
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan yang dimediasi
oleh kepuasan terhadap loyalitas nasabah. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah nasabah Bank CIMB Niaga Cabang Tidar Surabaya dengan
jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 nasabah. Teknik pengambilan
sampel menggunakan sampel berdasarkan kebetulan. Adapun teknik analisa yang
digunakan adalah path analysis.
Hasil pengujian menunjukkan kualitas layanan berpengaruh langsung
secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank CIMB Niaga Cabang Tidar
Surabaya. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh
tidak langsung secara signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah
Bank CIMB Niaga Cabang Tidar Surabaya. Kepuasan juga berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas dengan demikian kepuasan dikatakan memediasi
hubungan antara kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah Bank CIMB Niaga
Cabang Tidar Surabaya.
Hasil penelitian ini terlihat mediasi yang dihasilkan bersifat semu sehingga
dapat disimpulkan kepuasan tidak dapat memediasi hubungan antara kualitas
layanan terhadap loyalitas nasabah Bank CIMB Niaga Cabang Tidar Surabaya.
Kata Kunci : Layanan, Kepuasan dan Loyalitas Nasabah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain