Text
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI PT. EKAJAYA KARUNIA ABADI SURABAYA
INTISARI
Pada perkembangan teknologi dunia yang semakin berkembang dan maju,
terutama pada bidang transportasi khususnya kendaraan roda dua. Banyak orang
mengandalkan roda dua sebagai sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan
sehari-hari. Hal ini mempengaruhi meningkatnya permintaan dan memicu
terjadinya persaingan antara produsen satu dengan yang lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap
keputusan pembelian dalam melakukan pembelian sepeda motor Honda di PT.
Ekajaya Karunia Abadi Surabaya. Penelitian ini menggunakan empat variabel
independenya itu harga, produk, tempat, promosi dan satu variabel dependenya itu
keputusan pembelian. Dalam penelitian ini menggunakan 100 responden diambil
dari sejumlah orang yang membeli sepeda motor Honda di PT. Ekajaya Karunia
Abadi Surabaya. Metode analisis datanya menggunakan analisis regresi linear
berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Hasil studi menunjukkan bahwa dari hasil uji t variabel harga, produk, tempat,
promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Hasil uji f menunjukkan bahwa variabel harga, produk, tempat, promosi secara
bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Hasil koefisien determinasi adalah sebesar 56,3% menunjukkan bahwa keputusan
pembelian dipengaruhi faktor-faktor harga, produk, tempat dan promosi,
sementara sisanya sebesar54,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar
variabel penelitian.
Kata Kunci: Harga, produk, tempat, promosi, keputusan pembelian.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain