Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UD. SETIA ELECTRIC SIDOARJO
INTISARI
Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan,
sebab apabila perusahaan memiliki seorang pelanggan yang loyal, maka hal itu
dapat menjadi aset yang sangat bernilai bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, citra dan kepuasan pelanggan
secara simultan terhadap loyalitas pelanggan UD. Setia Electric Sidoarjo. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua pelanggan UD. Setia Electric Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif, jumlah sampel penelitian
berjumlah 100 responden. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah non random sampling dimana tidak semua individu dalam populasi diberi
kesempatan yang sama untuk ditugaskan menjadi anggota sampel. Data penelitian
diperoleh dari dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis menunjukkan variabel kualitas pelayanan, citra, dan kepuasan
pelanggan secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan UD. Setia Electric
Sidoarjo adalah signifikan. Hal ini berarti loyalitas pelanggan UD. Setia Electric
Sidoarjo dipengaruhi secara nyata oleh kualitas pelayanan, citra, dan kepuasan
pelanggan. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa masing-masing variabel
kualitas pelayanan, citra, dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan dan
positif terhadap loyalitas pelanggan UD. Setia Electric Sidoarjo. Hal ini
menunjukkan 4 (empat) hipotesis penelitian terbukti semua.
Kata kunci: kualitas pelayanan, citra, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain