Text
PENGARUH KEUNGGULAN KOMPETITIF DENGAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP EKSPANSI PASAR PADA HYPERMART CITY OF TOMORROW SURABAYA
INTISARI
Kunci sukses memenangkan persaingan dalam bisnis retail terletak pada
kemampuan perusahaan menciptakan keunggulan kompetitif. Keunggulan
kompetitif akan membentuk loyalitas pelanggan dan membuka peluang untuk
melakukan ekspansi pasar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh keunggulan kompetitif terhadap ekspansi pasar, mengetahui pengaruh
keunggulan kompetitif terhadap loyalitas pelanggan, mengetahui pengaruh
loyalitas pelanggan terhadap ekspansi pasar, dan mengetahui loyalitas pelanggan
sebagai variabel yang dapat memediasi pengaruh keunggulan kompetitif terhadap
ekspansi pasar.
Jenis penelitian termasuk dalam penelitian kausal yang dianalisis dengan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di
Hypermart City of Tomorrow Surabaya dengan sampel sebesar 100 responden.
Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik
analisis dalam penelitian ini adalah dengan cara analisis regresi berganda dan
analisis jalur (path analysis).
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel keunggulan
kompetitif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ekspansi pasar, (2)
variabel keunggulan kompetitif mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, (3) variabel loyalitas pelanggan mempunyai pengaruh signifikan
terhadap ekspansi pasar, (4) variabel loyalitas mampu memediasi keunggulan
kompetitif dan mempunyai pengaruh signifikan terhadap ekspansi pasar.
Kata Kunci : Keunggulan Kompetitif, Loyalitas pelanggan, Ekspansi Pasar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain