Text
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN DIVIDEN TERHADAP REAKSI PASAR
Setiap perusahaan dalam melakukan kegiatan operasionalnya tentu
membutuhkan dana sebagai sumber pembiayaan operasi perusahaan. Pada
beberapa dekade terakhir, diketahui bahwa perusahaan lebih cenderung
melakukan pembiayaan operasional dengan menggunakan dana yang berasal dari
pasar modal. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dalam melakukan
pendanaan tidak hanya bersumber dari modal internal saja, melainkan juga
menggunakan modal dari eksternal perusahaan. pendanaan perusahaan dapat
berasal dari internal perusahaan dan atau eksternal. Pendanaan internal dapat
berupa laba ditahan serta depresiasi. Sedangkan, untuk dana yang diperoleh dari
sumber eksternal adalah dana yang berasal dari para kreditur, pemegang surat
utang, pemilik perusahaan, dan dana-dana yang digali dari pasar modal. Penelitian
ini bertujuan menguji pengaruh profitabilitas, leverage dan dividen terhadap
reaksi pasar.
Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 30 perusahaan manufaktur yang go
public di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2010 hingga 2014. Metode
ststistik yang digunakan untuk menguji variabel-variabel yang mempengaruhi
harga saham adalah regresi linear berganda. Uji asumsi normalitas,
multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi terdapat perbedaan variabel
sehingga nilai harga saham, profitabilitas, dividen dan leverage menjadi Log atau
Ln.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas
dan dividen berpengaruh positif terhadap reaksi pasar. Hal ini ditunjukkan dengan
hasil uji t untuk angka variabel profitabilitas sebesar 2,140 dengan signifikansi
0,034< 0,05. Sedangkan variabel dividen memperoleh nilai sebesar 10,176 dengan
signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel leverage berdasarkan uji hipotesis
menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap rekasi pasar.
Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t dengan nilai sebesar -0,683 dengan signifikansi
0,495> 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa perusahaan belum
mampu memanfaatkan dana hutang dengan baik untuk peningkatan operasional
dan nilai perusahaan agar mampu mempengaruhi reaksi pasar yang dinilai dengan
harga saham.
Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Dividen, Reaksi Pasar dan Harga Saham
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain