Text
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE, TERHADAP NILAI PERUSAHAAN TRANSPORTASI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran
perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini
meliputi perusahaan-perusahaan transportasi dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia
dari tahun 2011-2014. Dalam penelitian ini, berdasarkan kriteria purposive
sampling diperoleh 10 perusahaan go public sebagai sampel dengan total 40
perusahaan transportasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profitabilitas berpengaruh terhadap
nilai perusahaan, yang artinya kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba.
Semakin besar ROE semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai
perusahaan, (2) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, yang
artinya pertumbuhan penjualan yang tinggi membutuhkan dukungan sumber daya
perusahaan yang semakin besar. (3) leverage berpengaruh terhadap nilai
perusahaan yang artinya keputusan manajemen untuk berusaha menjaga agar rasio
leverage tidak terlalu tinggi maka perusahaan lebih menggunakan internal
financing.
Kata kunci : profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage dan nilai perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain