Text
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES DI BURSA EFEK INDONESIA
Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran
pemegang saham, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan.
Akan tetapi terkadang perusahaan gagal untuk meningkatkan nilai perusahaan,
dikarenakan salah satu faktor penyebabnya adalah kurang cermatnya perusahaan
dalam mengaplikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Hal
tersebut membuat kinerja perusahaan dipandang buruk oleh pemegang saham.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris
pengaruh profitabilitas, leverage, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan
yang diproksikan dengan Price to Book Value (PBV).
Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive
sampling dengan kriteria sebagai berikut yang pertama perusahaan food and
beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014, dan yang
kedua perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI yang
mempublikasikan laporan keuangan yang telah diaudit dan disajikan dalam mata
uang rupiah secara berturut-turut. Dari populasi sebanyak 15 perusahaan food and
beverages diperoleh 8 perusahaan food and beverages sebagai sampel dengan
periode pengamatan selama 5 tahun (2010-2014). Teknik analisis yang digunakan
adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis serta analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%,
maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, profitabilitas berpengaruh positif
dan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage tidak berpengaruh terhadap
nilai perusahaan, dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai
perusahaan. Secara simultan seluruh variabel independen dalam penelitian ini
berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian hasil estimasi regresi
menunjukkan kemampuan prediksi dari 3 variabel independen tersebut terhadap
nilai perusahaan sebesar 48%, sedangkan sisanya 52% dipengaruhi oleh faktor
lain diluar model yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata kunci : profitabilitas, leverage, kebijakan dividen, dan nilai perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain