Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP WORD OF MOUTH YANG DIMEDIASI KEPUASAN KONSUMEN PADA LAPANGAN FUTSAL (Studi Empiris pada GOOL FUTSAL Surabaya)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan dan lokasi mempunyai pengaruh terhadap word of mouth yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsumen pengguna lapangan GOOL FUTSAL Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis jalur (path analysis).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen, lokasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen. kepuasan konsumen terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap word of mouth. Pengaruh kualitas layanan dan lokasi terbukti signifikan terhadap word of mouth. Hasil ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen tidak memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap word of mouth sedangkan kepuasan konsumen dapat memediasi pengaruh lokasi terhadap word of mouth. Hasil pengujian ini juga menunjukan besaran pengaruh tidak langsung kualitas layanan dan lokasi terhadap word of mouth melalui kepuasan lebih besar dibandingkan besaran pengaruh langsung kualitas layanan dan lokasi terhadap word of mouth.
Kata Kunci : kualitas layanan, lokasi, kepuasan konsumen, dan word of mouth.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain