Text
PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, SIZE, DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, profitabilitas, size, dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang ada di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel yang ditentukan melalui kriteria-kriteria tertentu oleh peneliti. Berdasarkan kriteria sampel yang telah ditetapkan, diperoleh sampel sebanyak 53 perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan jangka waktu 5 tahun, sehingga total seluruh sampel penelitian ini sebanyak 265 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.
Hasil penelitian uji kesesuaian model menunjukan bahwa leverage, profitabilitas, size, dan growth opportunity secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa variabel leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas, size, dan growth opportunity berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: leverage, profitabilitas, size, growth opportunity, dan nilai perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain