Text
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KOMISARIS, PROFITABILITAS, LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan, komisaris, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibilty (CSR).
Sampel penelitian yaitu 19 perusahaan pertambangan dan 20 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2015 sebanyak 117 observasi laporan tahunan. Sampel menggunakan metode purposive sampling terhadap data yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan (size), profile, profitabilitas, dewan komisaris dan leverage.
Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan (size), profile, dan dewan komisaris berpengaruh positif signikan terhadap pengungkapan CSR dan variabel profitabilitas, leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. R2 sebesar 0,516 menunjukkan pengungkapan CSR dipengaruhi oleh variabel ukuran perusahaan (size), profile, profitabilitas, dewan komisaris dan leverage sebesar 51,60%.
Kata Kunci : CSR, Ukuran perusahaan (size), profile, profitabilitas, dewan komisaris dan leverage.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain