Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO LESTARI SWALAYAN SIDOARJO
INTISARI
Persaingan yang semakin ketat khususnya untuk bisnis ritel, dimana banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginaan konsumen, menyebabkan setiap perusahaan ritel harus menempatkan orientasi kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama dan diyakini sebagai kunci utama untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa dengan harga bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh produk, harga, promosi, tempat dan orang terhadap kepuasan konsumen Toko Lestari Sawalayan.
Teknik analisa yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda, dan uji t. Adapun populasi digunakan adalah para konsumen Toko Lestari Sawalayan dengan sampel sebesar 100 responden.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk, harga, promosi, tempat dan orang berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen Toko Lestari Sawalayan. Kondisi ini menunjukkan bauran pemasaran merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan oleh perusahaan, karena bauran pemasaran sebagai bagian utama dari strategi perusahaan dalam meraih keunggulan yang berkesinambungan, baik sebagai pemimpin pasar maupun sebagai strategi harus tumbuh. Keunggulan suatu produk akan menimbulkan keputusan pembelian pelanggan. Dari semua variabel bebas yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, dan orang dan variabel harga menunjukkan kontribusi yang lebih besar atau dominan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Swalayan Lestari
Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang dan Kepuasan Pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain