Text
PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Mengoptimalkan nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan utama perusahaan. semakin tinggi pula perusahaan , maka semakin sejahtera para shareholdernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh economic value added dan corporate social responbility terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian adalah perusahaan yang termasuk dalam kelompok manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia.
Data penelitian merupakan data sekunder diperoleh dari Indonesian Stock exchange (www.idx.co.id) yaitu data laporan keuangan selama empat tahun berturut-turut (2011-2014), pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis berganda dengan alat bantu SPSS. Berdasarkan kriteria yang lebih spesifik diperoleh jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan untuk diteliti, metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik.
Hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel economic value added berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sehingga hipotesis diterima. 2) variabel corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sehingga hipotesis diterima.
Kata kunci : economic value added dan corporate social responsibility dan nilai perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain