Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur Sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selamatahun 2012-2014 `yang berjumlah 15 perusahaan.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara Purposive sampling.Terdapat 7 perusahaan sampel dengan periode selama 3 tahun, sehingga diperoleh 21 observasi.metode analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda.
Hasil Pengujian ini menunjukkan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Nilai Perusahaan. Kondisi ini memperlihatkan semakin baik pengunggkapan kinerja dari sisi non keuangan (CSR) memudahkan stakeholder dalam memperoleh informasi, dan juga dapat menjadi reaksi positif bagi pasar untuk mengingkatkan harga saham sehingga menjadi daya tarik investor untuk melakukan kegiatan invetasi. Sedangkan Profitabilitas berpengaruh signifikan dan negatif dimana manajemen perusahaan tidak berhasil meningkatkan nilai perusahaan bagi pemilik perusahaan sesuai dengan tujuan manajemen keuangan memaksimumkan nilai perusahaan. Untuk itu perusahaan harus mengoreksi kembali prospek kegiatan yang dijalankan perusahaan agar lebih produktif. Sehingga para pemegang saham akan meraskan keuntungan yang lebih besar dari biaya modalnya.
Kata Kunci: corporate social responsibility (CSR), Profitabilitas, Nilai Perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain