Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG CIPUTRA WORLD SIDOARJO
INTISARI
Pelayanan merupakan salah satu faktor terpenting untuk kelangsungan dan perkembangan perusahaan. Pelaksanaan pelayanan yang baik beroriantasi kepada kepuasan konsumen. Bagi perusahaan yang dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen secara tidak langsung akan selalu didatangi oleh pelanggan untuk mendapatkan produk atau jasa yang diinginkan sehingga akan terciptanya rasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak produsen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pengguna jasa pada Ciputra World Sidoarjo. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah pengunjung Ciputra World Sidoarjo dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling aksidental. Adapun Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda.
Hasil pengujian menunjukkan kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pengunjung pada Ciputra World Sidoarjo adalah signifikan. Hasil ini menunjukkan variabel tersebut layak digunakan dalam model penelitian. Kondisi ini juga mengindikasikan bahwa naik turunnya kepuasan pengunjung pada Ciputra World Sidoarjo. tergantung oleh naik turunnya tingkat kualitas jasa pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Hasil ini didukung dengan perolehan koefisien korelasi yang menunjukkan bahwa hubungan antara variabel tersebut terhadap keputusan pengunjung pada Ciputra World Sidoarjo memiliki hubungan yang erat. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel yang digunakan dalam model penelitian yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati masing-masing mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pengunjung pada Ciputra World Sidoarjo. Hasil ini mengindikasikan semakin baik kualitas layanan akan semakin meningkatkan kepuasan konsumen.
Kata Kunci : Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Pengunjung
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain