Text
PENGARUHUKURAN PERUSAHAAN PROFITABILITAS DAN VOLUNTARY DISCLOSURE TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan voluntary disclousure terhadap earning response coefficient, dengan mengambil populasi penelitian yaitu perusahaan manufaktur, yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 sampai dengan 2014.
Sampel dari penelitian dipilih menggunakan terknik purposive sampling, sehingga dapat diperoleh 47 perusahaan (141 firm year) yang memenuhi kriteria. Teknik analisis data ini menggunakan regresi berganda dan hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 21.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap earning response coefficient dengan nilai regresi menunjukan hubungan yang positif atau searah, sehingga hipotesis pertama dapat diterima. (2) Profitabilitas berpengaruh terhadap earning response coefficient dan menunjukan hubungan yang positif atau searah, sehingga hipotesis kedua diterima. (3) voluntary disclousure berpengaruh terhadap earning response coefficient, dengan nilai regresi menunjukan hubungan yang positif searah, sehingga hipotesis ketiga dapat diterima.
Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Voluntary Disclousure, Earning Response Coefficient
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain