Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA OOST KAFE CABANG SURABAYA
INTISARI
Kualitasa layanan dan harga merupakan salah satu faktor penting untuk
mencapai kepuasan konsumen di Oost kafe, sehingga pengembangan kualitas
layanan serta membuat patokan harga yang mampu bersaing merupakan hal yang
penting untuk diperhatikan demi mempertahankan pertumbuhan bisnis yang
berkelanjutan pada persaingan global.
Kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, namun
pengaruh paling besar berasal dari kualitas layanan dan harga, terbukti oleh
penelitian ini melalui media kuisioner yang melibatkan 100 orang dari seluruh
jumlah pengunjung yang datang ke Oost kafe pada periode April – Agustus 2016,
didapat nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,756 artinya bahwa kualitas layanan
dan harga mempengaruhi 75,6 % kepuasan konsumen di Oost kafe Surabaya.
Model regresi penelitian ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji F, dan
didapatkan simpulan bahwa baik secara parsial maupun simultan kualitas layanan
dan harga berpengaruh secara signifikan signifikan terhadap kualitas layanan.
Korelasi kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen bernilai 0,091 dan
korelasi harga terhadap kepuasan konsumen bernilai 0,466. Nilai korelasi harga
terhadap kepuasan konsumen adalah yang terbesar, sehingga terlebih dahulu
disarankan bagi perusahaan untuk menetapkan harga yang menarik dan bersaing,
kemudian memenuhi aspek-aspek yang dapat meningkatkan kualitas layanan.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Harga, Kepuasan Konsumen.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain