Text
PENGARUH GOOD CORPORATION GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KARAKTERISITIK PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Memaksimalkan nilai perusahaan untuk kemakmuran para pemegang saham merupakan tujuan utama perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance (GCG) dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan leverage sebagai variabel moderating yang dilakukan oleh perusahaan makanan dan minuman di Indonesia. Variabel good corporate governance diukur dengan kepemilikan manajerial dan variabel leverage diukur dengan debt equity ratio (DER).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang di ambil adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011 sampai 2015. Total sampel penelitian adalah 12 perusahaan makanan dan minuman yang ditentukan melalui purposive sampling. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan teknik analisis linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa good corporate governance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena kepemilikan saham oleh manajerial saja tidak membawa pengaruh signifikan terhadap keputusan pemegang saham. Corporate social responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena sedikitnya pengungkapan indeks corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan maupun bias diakibatkan oleh perbedaan penafsiran antara peneliti dan perusahaan. Leverage berdampak secara signifikan negatif pada pengaruhgood corporate governance (GCG) terhadap nilai perusahaan karena leverage mampu meningkatkan nilai perusahaan pada saat good corporate governance (GCG) turun. Leverage tidak berdampak pada pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan karena rasio hutang tidak memiliki pengaruh indeks corporate social responsibility (CSR).
Kata kunci: good corporate governance, corporate social responsibility, leveragedan nilai perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain