Text
PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS FUNGSI PEMASARAN (STUDI EMPIRIS PADA PT. KERETA API DAOP VIII SURABAYA)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami penerapan audit
operasional dalam penilaian efisiensi dan efektivitas terhadap fungsi pemasaran.
Ruang lingkup yang digunakan dalam penelitian ini adalah staf PT KAI Daop
VIII Surabaya khususnya pada bagian manajer komersial. Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer, objek penelitian ini
adalah PT KAI Daop VIII Surabaya yang bertempat di Surabaya, yang bergerak
dalam bidang transportasi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan data sekunder, sedangkan data yang digunakan
peneliti bersumber data dokumenter yang meliputi penjualan tiket kereta api.
Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data secara
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil analisis dan permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan
audit operasional dalam fungsi pemasaran terdapat gangguan dalam
melaksanakan penjualan tiket online, yang masih terkendala dengan tidak
stabilnya jaringan internet yang digunakan dalam perusahaan dalam melayani
penjualan dan penjualan online yang tersedia juga tidak melayani kereta api kelas
local ekonomi. Dengan adanya kendala yang ada perusahaan mengakibatkan
penjualan tiket pada perusahaan belum sesuai dengan yang dianggarkan oleh
perusahaan, sehingga pendapatan perusahaan mengalami penurunan.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan audit operasional dapat diketahui penyebab ketidakefisien dan
ketidakefektifan pada fungsi pemasaran yaitu: faktor pemesanan untuk kelas
kereta api lokal ekonomi yang belum dapat diakses secara online, dan faktor
maintenance dalam jaringan internet yang tiba-tiba mengalami trouble. Dalam
proses penjualan tiket online sebaiknya meningkatkan jaringan internet yang
digunakan oleh perusahaan agar dapat menanggulangi ketidak efisien dan ketidak
efektifan dalam fungsi pemasaran.
Kata-kata kunci : Audit Operasional, Efektifitas, Efisiensi, dan Fungsi Pemasaran
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain