Text
PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Nilai perusahaan menjadi sangat penting pada perusahaan yang go public.
Hal ini dikarenakan nilai perusahaan merupakan cerminan dari tingkat kinerja
keuangan perusahaan. Tinggi rendahnya nilai perusahaan akan mampu
mempengaruhi cara pandang investor terhadap perusahaan. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji growth opportunity, profitabilitas dan ukuran perusahaan
terhadap nilai perusahaan.
Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar
di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun tahun 2012 – 2014 dengan
menggunakan data laporan keuangan auditan yang diambil secara purposive
sampling dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga diperoleh 44 perusahaan
manufaktur yang memenuhi kriteria penelitian. Teknik anlisis yang digunakan
yaitu analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Product
an Service Solution).
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa : 1) Growth opportunity tidak
berpengaruh terhadap nilai perusahaan. 2) Profitabilitas berpengaruh terhadap
nilai perusahaan. 3) Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Growth opportunity, profitabilitas dan ukuran perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain