Text
PENGARUH ELAITES MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMESTIK WARDAH
Kekuatan merek terletak pada kemampuannya untuk mempengaruhi perilaku konsumen untuk berbelanja. Semakin berkembangnya jaman, konsumen semakin mudah untuk mendapatkan berbagai informasi dan memiliki begitu banyak pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Wardah.
Teknik analisa yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda, dan uji t. Adapun populasi digunakan adalah para pengguna kosmetik Wardah dengan sampel sebesar 100 responden.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Kondisi ini menunjukkan ekuitas merek merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan oleh perusahaan, karena ekuitas merek merupakan bagian utama dari strategi perusahaan dalam meraih keunggulan yang berkesinambungan, baik sebagai pemimpin pasar maupun sebagai strategi harus tumbuh. Keunggulan suatu produk akan menimbulkan keputusan pembelian pelanggan. Dari semua variabel bebas yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek dan variabel loyalitas merek menunjukkan kontribusi yang lebih besar atau dominan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek dan keputusan pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain