Text
PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP WORD OF MOUTH MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Depot Bakso CJDW Pak Sam)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk dan harga mempunyai
pengaruh terhadap word of mouth yang dimediasi dengan kepuasan konsumen.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen dari depot bakso
CJDW Pak Sam Jalan Gersikan no. 6f –
6g Surabaya. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh
sebanyak 100 responden. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode analisis jalur (path analysis).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa produk berpengaruh signifikan dan
positif terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh signifikan dan positif
terhadap kepuasan konsumen. Produk terbukti berpengaruh signifikan dan positif
terhadap word of mouth. Pengaruh harga tidak terbukti signifikan terhadap word
of mouth. Sedangkan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan dan positif
terhadap word of mouth. Hasil ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen
memediasi pengaruh produk dan harga terhadap word of mouth. Hasil pengujian
ini juga menunjukkan besaran pengaruh tidak langsung produk dan harga terhadap
word of mouth melalui kepuasan konsumen lebih besar dibandingkan besaran
pengaruh langsung produk dan harga terhadap word of mouth.
Kata Kunci: produk, harga, kepuasan konsumen, dan word of mouth
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain