Text
ANALISIS PENGARUH IKLAN, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MODEM SMARTFREN M2Y DI SURABAYA
Untuk memenangkan persaingan, setiap perusahaan harus mampu
memberikan kepuasan bagi para konsumennya. Konsumen memang harus
dipuaskan, sebab jika konsumen tidak puas, maka konsumen akan beralih pada
pesaing, hal ini akan menyebabkan penurunan penjualan dan pada akhirnya
akan menurunkan laba perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh iklan, harga, kualitas produk, dan kualitas layanan terhadap
keputusan pembelian.
Populasi penelitian adalah pembeli modem Smartfren M2Y di Surabaya.
sedangkan jumlah sampel yang digunakan adalah 50 pembeli modem
Smartfren M2Y. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner. Teknik
analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, koefisien
determinasi, uji goodness of fit, dan uji t.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa iklan berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan uji t yang
menunjukkan nilai signifikansi 0,010 lebih kecil dari 0,05. Harga berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan uji t yang
menunjukkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan
dengan uji t yang menunjukkan nilai signifikansi 0,017 lebih kecil dari 0,05.
Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini
dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil
dari 0,05.
Kata kunci : iklan, harga, kualitas produk, kualitas layanan, keputusan
pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain