Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Perkembangan ekonomi dunia yang semakin pesat menyebabkan persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Hal ini mendorong para pengelola perusahaan untuk melakukan berbagai stategi agar tidak mengalami kebangkrutan, salah satunya dengan meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility, profitabilitas, kebijakan dividen, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2015, dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Alat uji statistik yang digunakan untuk menentukan persamaan model regresi, uji asumsi klasik, uji kelayakan model, dan uji t adalah program SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu mengkomunikasikan tanggung jawab sosial secara tepat. Sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya profitabilitas yang diperoleh perusahaan dan besarnya ukuran perusahaan mampu meningkatkan nilai perusahaan tersebut. Sedangkan Kebijakan dividen berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa meningkatnya dividen tidak selalu diikuti dengan meningkatnya nilai perusahaan.
Kata Kunci: Corporate social responsibility, profitabilitas, kebijikan dividen, ukuran perusahaan, nilai perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain