Text
PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN STUDI KASUS PADA APOTEK (APOTEK TAKAVI SURABAYA)
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Mendorong pelaku bisnis untuk merebut pangsa pasar melalui berbagai macam inovasi dalam produk maupun jasa yang akan ditawarkan. Setiap pelaku bisnis harus mengetahui bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen nya. Dengan cara memberikan kualitas pelayanan yang memuasakan bagi konsumen, harga yang terjangkau serta lokasi yang nyaman dan dekat dengan perumahan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh variabel dari Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen.
Objek penelitian ini adalah Apotek Takavi Surabaya dan sebagai responden adalah individu yang pernah membeli dan memperoleh manfaat dari Apotek Takavi yang minimal berusia 18 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengunakan metode purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data diperoleh dari penyebaran kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 85 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis mengunakan uji t
Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen Kepuasan Konsumen. Dimana variabel Kepuasan Konsumen (Y), variabel Kualitas Pelayanan (X1), variabel Harga (X2) dan variabel Lokasi (X3). Hasil analisis uji kelayakan model juga menujukan bahwa semua variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan konsumen
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain