Text
PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, RISIKO BISNIS, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL
Struktur modal merupakan pembelanjaan permanen di mana mencerminkan perimbangan antara utang jangka panjang dengan modal sendiri. Untuk menentukan struktur modal yang optimal, maka perlu dikaji beberapa variabel yang mempengaruhi antara lain struktur aktiva, risiko bisnis, pertumbuhan penjualan, dan profitabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh struktur aktiva terhadap struktur modal, (2) Pengaruh risiko bisnis terhadap struktur modal, (3) Pengaruh pertumbuhan penjulan terhadap struktur modal, dan (4) Pengaruh profitabilitas terhadap struktur modal.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun periode observasi mulai 2012 sampai 2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 28 perusahaan consumer goods. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis menunjukkan bahwa secara uji kelayakan model, dapat disimpulkan bahwa struktur aktiva, risiko bisnis, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara parsial, hasil penelitian menunjukan struktur aktiva memiliki pengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, risiko bisnis memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap struktur modal dan profitabilitas memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal.
Kata Kunci: Struktur Aktiva, Risiko Bisnis, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Modal.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain