Text
PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM PERUMUSAN STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PESONA BATIK MADURA
Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu bisnis atau usaha. Analisis SWOT merupakan metode yang tepat untuk memecahkan masalah dalam perumusan strategi bersaing di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan analisis SWOT sebagai alat perumusan strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing pada Pesona Batik Madura.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis SWOT yang terdiri dari identifikasi kekuatan dan kelemahan menggunakan matriks IFAS serta identifikasi peluang dan ancaman menggunakan matriks EFAS. Pesona Batik Madura memiliki kekuatan yang lebih besar daripada kelemahan yang dimiliki ditunjukkan pada martiks IFAS, sedangkan ancaman yang dihadapi perusahaan lebih besar dibandingkan peluangnya ditunjukkan pada matriks EFAS. Selanjutnya perusahaan dapat menggunakan strategi ST (Strength Threats Strategies) untuk merumuskan strategi bersaing. Selain menggunakan strategi ST (Strength Threats Strategies) perusahaan dapat mengkombinasikan dengan strategi diferensiasi untuk meningkatkan kualitas produk, kualitas pelayanan, kualitas karyawan, dan meningkatkan perluasan pemasaran.
Berdasarkan hasil analis SWOT dan perumusan strategi dapat disimpulkan bahwa strategi diferensiasi berhasil membuat prosentase penjualan mengalami peningkatan di setiap bulannya dan pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Sehingga perusahaan dapat lebih unggul dalam persaingan usaha batik dengan menerapkan analisis SWOT.
Kata kunci : Analisis SWOT, Matriks SWOT, IFAS, EFAS, Strategi Diferensiasi
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain