Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Tujuan dari penelitian menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Variabel CSR yang tediri dari tujuh bidang pengungkapan yaitu lingkungan (LKI), energy (EGI) kesehatan dan keselamatan tenaga kerja (KKT), lain-lain tenaga kerja (LTK), produk (PRO), keterlibatan masyarakat (KMA), dan umum (UMM), nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksikan dengan price book to value (PBV).
Sampel penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2012-2015 dan dipilih secara purposive sampling, sebanyak 116 data observasi laporan keuangan dari 29 perusahaan.
Hasil penelitian yang dianalisis dengan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel kesehatan dan keselamatan tenaga kerja (KKT), produk (PRO) dan keterlibatan masyarakat (KMA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan varibel lingkungan (LKI), energi (EGI), lain-lain tenaga kerja (LTK), umum (UMM) tidak berpengaruh. Dengan Adjusted R square sebesar 0,33 atau 33% variasi dari PBV dapat dijelaskan oleh variabel LTI, EGI, KKT, LTK, PRO, KMA dan UMM, sedang sisanya 67% dijelaskan oleh variabel lainnya.
Kata kunci :Corporate social responsibility (CSR) dan nilai perusahaan (PBV).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain