Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN,PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam penelitian ini, ditetapkan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel sebanyak 10 sampel perusahaan otomotif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ukuran perusahaan, Growth Opportunity, Likuiditas, Profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (2) Variabel Ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dan tanda koefisien positif menunjukkan hubungan searah antara Ukuran perusahaan dan Nilai perusahaan. (3) Variabel Growth Opportunity secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dengan tanda positif menunjukkan hubungan searah antara Growth Opportunity dan Nilai Perusahaan. (4) Variabel Likuiditas secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan tanda negative menunjukkan hubungan tidak searah antara Likuiditas dan Nilai Perusahaan. (5) Variabel Profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan arah positif menunjukkan hubungan searah antara Profitabilitas dan Nilai Perusahaan
Kata kunci :Ukuran Perusahaan, Growth Opportunity, Likuiditas, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain