Text
PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Size (Ukuran Perusahaan), Profitabilitas (ROA) dan Leverage (DER) terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan consumer goods industry di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan consumer goods industry yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Dari populasi sebanyak 33 perusahaan consumer goods industry diperoleh 21 perusahaan consumer goods industry sebagai sampel pengamatan selama 4 tahun, yaitu dari tahun 2012-2015. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa size berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan koefisien regresi sebesar 6,974 dan tingkat signifikan sebesar 0,000, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan koefisien regresi sebesar 0,765 dan tingkat signifikan sebesar 0,447, leverage berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan koefisien regresi sebesar 2,501 dan tingkat signifikan sebesar 0,014. Pada koefisien determinasi (R2) diketahui nilai R square sebesar 0,441 atau 44,1% yang berarti kemampuan variabel size, profitabilitas dan leverage dalam menjelaskan variabel pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel dependen masih rendah. Size berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility yang berarti bahwa semakin besar ukuran perusahaan, maka akan semakin luas dalam mengungkapkan corporate social responsibility dan sebaliknya. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility karena semakin tinggi profitabilitas tidak menjamin bahwa perusahaan tersebut menggunakan laba mereka untuk melakukan pengungkapan corporate social responsibility akan tetapi mereka juga menggunakan laba mereka untuk kepentingan investasi. Leverage berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility karena rasio leverage digunakan untuk memberikan gambaran mengenai struktur modal yang dimiliki perusahaan, sehingga dapat dilihat tingkat resiko tak tertagihnya suatu utang. Oleh karena itu perusahaan dengan tingkat rasio leverage tinggi mempunyai kewajiban lebih untuk melakukan pengungkapan corporate social responsibility. Kata kunci: Size, Profitabilitas, Leverage, Corporate Social Responsibility
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain