Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Para investor dalam pengambilan keputusan investasi membutuhkan informasi tentang kinerja perusahaan dalam memaksimalkan kemakmuran pemegang saham yang tercermin melalui nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel intervening.
Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan diperoleh 39 perusahaan sampel yang menjadi objek penelitian. Data penelitian diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2012-2014. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan pengujian asumsi klasik dan analisis statistic yaitu analisis jalur yang menggunakan dua persamaan struktural untuk mengukur pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel independen terhadap variable dependen melalui variable intervening.
Hasil analisa menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap manajemen laba yang dapat dilihat pada persamaan struktural 1. Sedangkan dalam persamaan struktural 2 menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas dan manajemen laba berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: ukuran perusahaan, profitabiltas, manajemen laba, nilai perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain