Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RSUD DR. SOETOMO SURABAYA
INTISARI
Kepuasan pasien merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu rumah sakit, hal ini dikarenakan dengan memuaskan pasien, rumah sakit dapat menjalankan perannya sebagai lembaga yang melayani kesehatan masyarakat. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai kepuasan pasien salah satunya dapat dilakukan dengan berkomitmen mengembangkan layanan yang berkualitas dan berkesinambungan sehingga dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan. Pembentukan customer relationship marketing yang baik akan menciptakan kepuasan bagi pasien sehingga pasien menjadi loyalitas. Brand image juga sangat penting perannya untuk memperoleh kepuasan pasien, karena brand image yang kuat akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, customer relationship marketing, dan brand image terhadap kepuasan pasien.
Populasi yang diteliti adalah semua pasien rawat jalan RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Sampel yang diambil sebanyak 97 pasien dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling Prosedur pengumpulan data menggunakan kuesioner. teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Customer relationship marketing berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Brand image berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
Kata kunci : kualitas layanan, customer relationship marketing, brand image terhadap kepuasan pasien
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain