Text
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN QLEEN FABRICARE SURABAYA
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Qleen Fabricare Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelanggan yang berada di Qleen Fabricare Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling, yaitu pembagian kuesioner secara acak kepada pelanggan Qleen Fabricare dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji asumsi klasik dan metode regresi linier berganda dengan diolah menggunakan software komputer SPSS versi 16.
Hasil dari uji reliabilitas menunjukkan model reliable. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel relationship marketing dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Berdasarkan nilai koefisien determinasi parsial kualitas pelayanan menjadi variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini berarti menunjukkan semakin baik kualitas pelayanan akan berdampak pada meningkatnya kepuasan pelanggan pada Qleen Fabricare Surabaya.
Kata kunci: Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain