Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ukuran Perusahaan yang diukur dengan menggunakan log total asset, Profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio ROA (Return On Asset), dan Leverage menggunakan DAR (Debt Asset Ratio), serta nilai perusahaan yang diukur dengan menggunakan rasio Tobin’s Q.
Data yang digunakan adalah data sekunder berupa annual report pada masing-masing perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 3(tiga) periode yaitu pada tahun 2014-2016. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 12 perusahaan food and beverages. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji signifikan F dan uji statistik t.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas yang diukur dengan ROA berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan leverage berpegaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan
Kata kunci : ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, nilai perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain