Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
INTISARI
Corporate Social Responsibility sering dianggap inti dari etika bisnis yang berarti perusahaan tidak hanya mempunyai kewajiban-kewajiban ekonomi dan legal tetapi juga kewajiban-kewajiban terhadap pihak-pihak lain yang berkepentingan (stakeholder) yang jangkauannya melebihi kewajiban di atas (ekonomidan legal). Selanjutnya, profitabilitas yang dipilih sebagai variable moderasi dalam penelitian ini diduga mempengaruhi secara moderasi (memperkuat atau memperlemah) terhadap hubungan corporate social responsibility dengan nilai perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan data berupa laporan tahunan pada perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)yaitu dari tahun 2013 – 2016. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh profitabilitas terhadap hubungan corporate social responsibility dengan nilai perusahaan. Nilai koefisien regresi menunjukkan nilai yang positif, hal ini menandakan bahwa profitabilitas (ROA) memperkuat pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil uji kelayakan model menunjukkan bahwa model regresi yang dihasilkan baik (layak) dan dapat digunakan untuk analisis selanjutnya.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Profitabilitas
SA-18013 | A18/013 Lol p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain