Text
PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP REAKSI PASAR
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial distress yang diproksikan dengan Z-Score, profitabilitas yang diproksikan dengan Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM), dan likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR) terhadap reaksi pasar yang diproksikan dengan Harga Saham (HS) melalui laporan keuangan yang telah diaudit dan disusun oleh perusahaan logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2012-2016. Kriteria-kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan logam dan sejenisnya sehingga total sampel penelitian yang digunakan sebanyak 55 pengamatan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 23,0 (Statistical Product and Service Solution).
Hasil penelitian menunjukkan dalam uji f bahwa penelitian ini layak digunakan yaitu financial distress, profitabilitas, dan likuiditas memiliki pengaruh signifikan terhadap reaksi pasar dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan uji t (uji hipotesis), hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel financial distress tidak berpengaruh signifikan terhadap reaksi pasar. Variabel earning per share berpengaruh positif dan signifikan terhadap reaksi pasar dengan koefisien regresi sebesar 0,001 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Variabel net profit margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap reaksi pasar dengan koefisien regresi sebesar 3,656 dan tingkat signifikansi sebesar 0,030. Sedangkan variabel current ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap reaksi pasar dengan koefisien regresi sebesar -0,004 dan tingkat signifikansi sebesar 0,045.
Kata kunci: financial distress, earning per share, net profit margin, current ratio dan reaksi pasar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain